Tradisi Woet Ie Bu Peudah dan Upaya Pelestariannya Sebagai Warisan Budaya (Studi Kasus Gampong Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar)

Fira Fahrika, 170501034 (2021) Tradisi Woet Ie Bu Peudah dan Upaya Pelestariannya Sebagai Warisan Budaya (Studi Kasus Gampong Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Tradisi Woet Ie Bu Peudah dan Upaya Pelestariannya Sebagai Warisan Budaya (Studi Kasus Gampong Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar)]
Preview
Text (Tradisi Woet Ie Bu Peudah dan Upaya Pelestariannya Sebagai Warisan Budaya (Studi Kasus Gampong Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar))
Fira Fahrika, 170501034, FAH, SKI, 0895397518484.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tradisi Woet Ie Bu Peudah dan Upaya Pelestariannya Sebagai Warisan Budaya (Studi Kasus Gampong Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan, penyajian, fungsi dan makna Ie Bu Peudah serta upaya pelestariannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang mana peneliti sendiri yang menjadi instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tradisi Woet Ie Bu Peudah sudah ada sejak zaman kesultanan Aceh Darussalam dan masih bertahan sampai dengan masa sekarang. Proses pembuatan makanan tradisional ini sangatlah kompleks, mulai dari proses pengumpulan dan penjemuran bahan hingga ditumbuk untuk dihaluskan. Sedangkan proses memasak Ie Bu Peudah memerlukan waktu kurang lebih dua jam. Makna tradisi ini di kalangan masyarakat Gampong Limpok antara lain sebagai penghubung silaturahmi dan juga berfungsi sebagai menu utama untuk berbuka puasa. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk melestarikannya antara lain pemerintah Gampong Limpok mengalokasikan dana khusus untuk tradisi ini yang berasal dari APBG, namun beberapa hal yang menjadi hambatan bagi kelangsungan tradisi ini antara lain, bahan pembuatannya yang sudah mulai sulit ditemukan dan kehadirannya yang hanya pada momen-momen tertentu saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Ie Bu Peudah, Gampong Limpok
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Fira Fahrika
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:44
Last Modified: 07 Jan 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19244

Actions (login required)

View Item
View Item