Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Dengan Penerapan Model Talking Stick Dan Media Audio Visual Di SMPN 4 Bandar Baru

Nurul Mukarramah, 140207151 (2019) Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Dengan Penerapan Model Talking Stick Dan Media Audio Visual Di SMPN 4 Bandar Baru. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Dengan Penerapan Model Talking Stick Dan Media Audio Visual Di SMPN 4 Bandar Baru]
Preview
Text (Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Dengan Penerapan Model Talking Stick Dan Media Audio Visual Di SMPN 4 Bandar Baru)
Nurul Mukarramah, 140207151, FTK, PBL, 081360690282.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa yang masih kurang maksimal dalam proses pembelajaran. Selama ini pelaksanaan pembelajaran masih berpusat kepada guru, dikarenakan guru jarang sekali menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berdampak pada minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia melalui model pembelajaran Talking Stick dan media Audio Visual. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 SMPN 4 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data untuk melihat minat dengan menggunakan lembar observasi dan lembar angket, sedangkan teknik pengumpulan data untuk melihat hasil dengan menggunakan lembar soal tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data minat dengan menggunakan rumus persentase sedangkan hasil belajar menggunakan rumus skor individual siswa. Hasil analisis data minat belajar siswa menggunakan lembar observasi diperoleh sebesar 80,8% dengan kategori baik sedangkan menggunakan lembar angket diperoleh rata-rata yaitu 89,5% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar ditunjukkan dengan nilai posttest yang meningkat dibandingkan dengan pretest. Persentase dari pada nilai pretest yaitu 56,6%, sedangkan persentase nilai posttest yaitu 90,2%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Talking Stick dan media Audio Visual minat belajar siswa berkategori sangat tinggi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Audio Visual, Minat Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Pada Manusia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Mukarramah
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:31
Last Modified: 07 Jan 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19246

Actions (login required)

View Item
View Item