Peranan Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 6 Banda Aceh

Sukma Julianti, 140503078 (2021) Peranan Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peranan Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Siswa  Di SMP Negeri 6 Banda Aceh]
Preview
Text (Peranan Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 6 Banda Aceh)
Sukma Julianti, 140503078, FAH, IP, 085365360917.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan Guru dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai sumber Informasi Belajar Siswa di SMP Negari Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam pemanfatan perpustakaan sebagai sumber informasi belajar siswa dan untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat bagi guru dalam menjalankan perannya di perpustakaan SMP Negeri 6 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observsi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru di SMP Negeri 6 Banda Aceh yang pernah memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana pendukung dalam proses pembelajaran sebanyak 4 orang guru dan seorang pustakawan. Penentuan subjek dengan cara meminta kesediaan guru untuk diwawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peranan guru SMP Negeri 6 Banda Aceh dalam pemanfaatan perpustakaan adalah sebagai fasilitator, informator, motivator dan inisiator. Sebagai fasilitator guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakannya di perpustakaan. Sebagai informator guru mensarankan kepada siswa untuk mencari informasi terbaru yang ada di perpustakaan seperti buku penunjang yang terbaru yang tersedia di perpustakaan. Sebagai motivator guru memotivasi siswa untuk sering belajar di perpustakaan dengan cara memberikan tugas membaca dan hasil bacaan tersebut diceritakan kembali dalam ruang kelas. Peran guru sebagai inisiator, guru SMP Negeri 6 Banda Aceh memanfaatkan koleksi yang ada di perpustakaan untuk membantu proses pembalajaran. Faktor yang mendukung guru dalam pemanfaatan perpustaakan sebagai sumber informasi bagi siswa adalah koleksi yang tersedia di perpustakaan sangat memadai dan layanan yang baik yang diberikan oleh pihak perpustaakan. Tidak adanya jadwal khusus untuk belajar di perpustakaan menjadi faktor penghambat bagi guru dalam pemanfaatan perpustakaan, namun hal ini dapat diatasi dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak perpustakaan jika ingin membawa siswa belajar di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, pemanfaatan perpustakaan, sumber informasi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.5 Membaca dan Penggunaan Media Informasi lainnya oleh Kawula Muda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Sukma Julianti
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:16
Last Modified: 13 Jan 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19247

Actions (login required)

View Item
View Item