Pengelolaan Ekstrakurikuler Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 3 Banda Aceh

Nadia Husna, 170206012 (2021) Pengelolaan Ekstrakurikuler Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan Ekstrakurikuler Pada Masa Pandemi  Covid-19 Di SMAN 3 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengelolaan Ekstrakurikuler Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 3 Banda Aceh)
Nadia Husna, 170206012, FTK, MPI, 085243114812.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ektrakurikuler tidak dilaksanakan di SMAN 3 Banda Aceh karna disebab kondisi pandemi covid-19. Padahal kegiatan ekstrakurikuler penting bagi perkembangan siswa. Hasil analisis kebutuhan terhadap siswa ditemukan bahwa mereka setuju jika dilaksanakan kegiatan ekstrakurikuler. Maka dibutuhkan pengembangan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler selama pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan bentuk kegiatan ektrakurikuler yang dibutuhkan oleh siswa pada masa pandemi di SMAN 3 Banda Aceh, merancang langkah-langkah kegiatan ekstrakurikuler secara daring pada masa pandemi covid-19, dan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler secara virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan lembar validasi. Analisis data dilakukan dengan statistic sederhana dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kegiatan yang diinginkan oleh siswa adalah video editing, speling bee, dan kelas memasak, langkah kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam 3 aspek yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, validasi dilakukan oleh ahli bidang kegiatan ektrakurikuler, untuk responnya guru dan siswa. Berdasarkan hasil validasi video editing diperoleh skor rata-rata 81,94% dengan kriteria sangat la yak, speling bee diperoleh skor rata-rata 73,15% dengan kriteria sangat layak, dan kelas memasak diperoleh skor rata-rata 79,51% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil respon guru terhadap pengelolalan kegiatan ektrakurikuler di peroleh skor sebesar 4 dimana x > 3,25 dengan kriteria “baik”. Berdasarkan penilaian tersebut maka pengelolaan kegiatan ektrakurikuler secara daring pada masa pandemi dapat dijadikan pedoman dalam mengatasi ketidaksiapan lembaga pendidikan dalam pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini belum melakukan implementasi untuk menguji efektifitas langkah-langkah yang telah dirancang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Lailatussaadah, S.Ag.M.Pd Pembimbing II : Dra. Jamaliah Hasballah M.A
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Ekstrakurikuler, Masa Pandemi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadia Husna
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:13
Last Modified: 07 Jan 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19260

Actions (login required)

View Item
View Item