Kesesuaian Kegiatan Nāẓir dengan Persyaratan Wāqif dan Ukuran Kepatutan dalam Pengelolaan Wakaf (Studi di Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar)

Nurdiana, 170102196 (2021) Kesesuaian Kegiatan Nāẓir dengan Persyaratan Wāqif dan Ukuran Kepatutan dalam Pengelolaan Wakaf (Studi di Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kesesuaian Kegiatan Nāẓir dengan Persyaratan Wāqif   dan Ukuran Kepatutan dalam Pengelolaan Wakaf (Studi di Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar)]
Preview
Text (Kesesuaian Kegiatan Nāẓir dengan Persyaratan Wāqif dan Ukuran Kepatutan dalam Pengelolaan Wakaf (Studi di Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar))
Nurdiana, 170102196, FSH, HES, 082272785871.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wakaf merupakan salah satu ajaran Islam yang dikategorikan kepada ibadah maliyah, artinya ibadah berupa penyerahan harta yang dimiliki oleh seseorang menurut cara-cara yang telah ditentukan. Ibadah wakaf sangat tinggi nilainya, mengingat wakaf dapat dijadikan sebagai lembaga ekonomi yang berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan umum dan dapat mengembangkan potensi yang terdapat dalam pranata keagamaan serta memiliki manfaat ekonomis maupun manfaat sosial. Sebagai institusi perwakafan yang merupakan salah satu aset kebudayaan nasional dari aspek sosial dan ekonomi sehingga perlu mendapatkan perhatian oleh semua pihak sebagai penopang hidup dan harga diri bangsa. Sebagai ibadah sunah yang bersifat horizontal (hablun min an nas) wakaf di dalam praktiknya terus mengalami perkembangan pemahaman dikalangan umat Islam, diantaranya ada persyaratan yang ditetapkan oleh wāqif. Tentunya nāẓir harus sangat berperan dalam memenuhi keinginan wāqif tersebut, sehingga berhasil atau tidaknya pengelolaan wakaf tergantung pada nāẓir. Adapun tujuan penulis mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan wakaf dan bagaimana kesesuaian kegiatan nāẓir dalam memenuhi persyaratan wāqif serta ukuran kepatutan nāẓir di Kecamatan Montasik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode deskriptif analisis. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan para nāẓir di masing-masing mukim yang terdapat di Kecamatan Montasik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Nāẓir di Kecamatan Montasik sudah bekerja dan bertanggungjawab sesuai dengan kewajiban yang dibebankan kepadanya. Namun, ada hal yang masih kurang sehingga belum terpenuhi seutuhnya seperti pemanfaatan benda wakaf yang disyaratkan oleh wāqif belum tercapai tujuannya. Dan nāẓir belum melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada BWI seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 pasal 11 tentang kewajiban nāẓir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Al Yasa’ Abubakar, M.A. Pembimbing II : Saifuddin, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nāẓir, Wāqif, dan Pengelolaan Wakaf.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.252 Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurdiana Nurdiana
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:14
Last Modified: 07 Jan 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19265

Actions (login required)

View Item
View Item