Penilaian Guru Terhadap Perubahan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlah Berdasarkan Kurikulum 2013 di MTsN 2 Aceh Besar

Farah Fauzana, 160201173 (2022) Penilaian Guru Terhadap Perubahan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlah Berdasarkan Kurikulum 2013 di MTsN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penilaian Guru Terhadap Perubahan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlah Berdasarkan Kurikulum 2013 di MTsN 2 Aceh Besar]
Preview
Text (Penilaian Guru Terhadap Perubahan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlah Berdasarkan Kurikulum 2013 di MTsN 2 Aceh Besar)
Farah Fauzana, 160201173, FTK, PAI, 085294527871.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penilaian sikap merupakan salah satu aspek penilaian terpenting dalam kurikulum 2013. Siswa dituntut agar mempunyai budi pekerti yang baik supaya guru dapat memberikan penilaian sikap sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Namun pada kenyataannya masih terdapat siswa yang memiliki budi pekerti yang kurang baik. Dalam hal ini peneliti bermaksud untuk menguraikan penilaian guru terhadap perubahan sikap siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Ada beberapa tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara guru menilai sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 dan untuk mengetahui perubahan sikap siswa setelah pembelajaran Akidah Akhlak. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa guru menilai sikap siswa dengan cara melakukan pengamatan terhadap sikap siswa, menggunakan teknik penilaian diri, menerapkan teknik penilaian antar teman, dan melakukan teknik penilaian jurnal. Perubahan sikap siswa terjadi hanya sementara saat guru di dalam kelas. Ketika guru keluar kelas sikap siswa akan kembali pada sikap aslinya. Artinya siswa merubah perilaku mereka tetapi tidak sampai pada sikap pribadinya. Adapun solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu guru membiasakan sikap terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan gambaran tentang dampak negatif dari perilaku tercela.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farah Fauzana
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:26
Last Modified: 11 Jan 2022 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19289

Actions (login required)

View Item
View Item