Perspektif Mahasiswa Terhadap Popularitas Diri Di Instagram (Studi Pada Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry)

Putri Munawwarah, 170401042 (2021) Perspektif Mahasiswa Terhadap Popularitas Diri Di Instagram (Studi Pada Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perspektif Mahasiswa Terhadap Popularitas Diri Di Instagram (Studi Pada Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam  UIN Ar-Raniry)]
Preview
Text (Perspektif Mahasiswa Terhadap Popularitas Diri Di Instagram (Studi Pada Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry))
Putri Munawwarah, 170401042, FDK, KPI, 085371977773.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perspektif Mahasiswa Terhadap Popularitas Diri Di Instagram (Studi Pada Mahasiswa Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry)”. Mahasiswa Prodi Komunikasi dan penyiaran Islam Angkatan 2017 rata-rata menggunakan Instagram dengan tujuan dan pandangan yang berbeda-beda sehingga mendapatkan dampak yang beragam bagi pengguna. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perspektif mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry terhadap popularitas diri di Instagram dan untuk mengetahui dampak positif dan dampak negatif penggunaan media Instagram oleh mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan teori Use and Gratification dengan metode kualitatif, yang menjelaskan karakter individu yang aktif dalam menggunakan media akan tetapi mahir dalam membedakan dampak positif dan dampak negatif yang akan didapatkan sehingga individu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi informasi yang ada pada media. Informan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2017 sebanyak 20 informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini bertumpu pada dampak positif, negatif dan perspektif mahasiswa. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Perspektif mahasiswa terhadap popularitas diri di Instagram yaitu popularitas diri di Instagram merupakan sumber pengasilan, popularitas diri di Instagram mempengaruhi cara penggunaanya dan popularitas diri di Instagram mempengaruhi tingkat kepercayaan orang lain. Hasil penelitian berdasarkan dampak positif yaitu mendapatkan teman baru, mendapatkan informasi dan mendapatkan penghasilan dan berdasarkan dampak negatif yaitu mendapatkan informasi hoax dan menjadi lalai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perspektif, Mahasiswa, Popularitas, Instagram, Dampak
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.5 Membaca dan Penggunaan Media Informasi lainnya oleh Kawula Muda
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Munawwarah
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:52
Last Modified: 11 Jan 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item
View Item