Pengelolaan Dana Masyarakat Oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (Tinjauan Konsep Asuransi Islam Terhadap Keberadaan Unsur Ribawi dan Garar)

Minny Iyasi, 170102037 (2021) Pengelolaan Dana Masyarakat Oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (Tinjauan Konsep Asuransi Islam Terhadap Keberadaan Unsur Ribawi dan Garar). ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Dana Masyarakat Oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)]
Preview
Text (Pengelolaan Dana Masyarakat Oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS))
Minny Iyasi, 170102037, FSH, HES, 085261182836.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam segi kesehatan. Sesuai dengan Pasal 14 UU BPJS setiap warga Indonesia dan WNA yang telah bekerja di Indonesia selama 6 bulan wajib mengikuti kepesertaan BPJS. Mengingat bahwa mayoritas masyarakat bearagama muslim, diperlukan mekanisme yang sesuai dengan syariah Islam, namun pada tahun 2015 MUI berpendapat bahwa BPJS Syariah jika dilihat berdasarkan Fatwa No.21/DSN-MUI/X/2001 Tentang pedoman umum asuransi syariah, BPJS Kesehatan masih belum sesuai dengan syariah dimana masih terdapat riba, garar, dan maisir. Menurut MUI akad dan investasi yang digunakan BPJS Kesehatan masih tidak sesuai dengan syariah, sehingga dikeluarkan Fatwa DSN-MUI NO: 98/DSN-MUI/XII/2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan Syariah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah sistem pengelolaan dana masyarakat oleh sosial (BPJS) kesehatan dan bagaimanakah sistem pengelolaan dana masyarakat oleh sosial (BPJS) kesehatan, dan bagaimankah keberadaan unsur ribawi dan garar pada pengelolaan dana masyarakat pada BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pertanyaan pada rumusan masalah tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode normatif-empiris. Penelitian ini juga menggunakan teknik field reaserch (penelitian lapangan, dan library reaserch (penelitian kepustakaan). Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengelolaan BPJS Kesehatan saat ini sebenarnya sudah banyak yang sesuai dengan prinsip syariah seperti prinsip gotong royong yang digunakan BPJS Kesehatan sama dengan akad ta’awun dalam asuransi syariah. Dari segi pengelolaan dana pun BPJS sudah memperjelas dana masyarakat pada persyaratan pendaftaran seperti yang dicantumkan oleh MUI. Mengenai denda keterlambatan sebanyak 2%, sejak 2016 hal tersebut telah dihapuskan. Namun investasi pada iuran masyarakat sampai saat ini masih berupa investasi konvensional dan penyimpanan dana juga menggunakan bank bank konvensional yang masih mengandung riba.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.98 Perbandingan Hukum Islam dengan Hukum Lainnya
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Minny Iyasi Minny
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:05
Last Modified: 11 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19298

Actions (login required)

View Item
View Item