Jenis Lichenes Di Kawasan Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah

Rahmadhanur Fitri, 160207091 (2021) Jenis Lichenes Di Kawasan Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Jenis Lichenes Di Kawasan Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah]
Preview
Text (Jenis Lichenes Di Kawasan Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah)
Rahmadhanur Fitri, 160207091, FTK, PBL, 085242722660.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Lichenes secara morfologi dan fisiologi merupakan satu kesatuan yang berasal dari interaksi simbiosis alga (ganggang) dan jamur (fungi). Lichenes ikut berperan dalam pembentukan tanah sehingga termasuk ke dalam tumbuhan perintis. Pertumbuhan lichenes tidak memerlukan syarat hidup yang tinggi sehingga mudah ditemui termasuk di kawasan Seulawah Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis, struktur morfologi, pemanfaatan hasil penelitian serta kelayakan media dari penelitian jenis lichenes yang terdapat di kawasan Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar sebagai referensi mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode transek dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan jenis lichenes yang ditemukan sesuai dengan karakteristik masing-masing serta kondisi lingkungannya. Hasil penelitian diperoleh 39 jenis lichenes berbeda yang berasal dari 17 famili. Struktur morfologi masing-masing jenis dapat dibedakan berdasarkan bentuk thallus, warna, serta diameter thallus. Pemanfaatan dari hasil penelitian ini yaitu sebagai referensi matakuliah Botani Tumbuhan Rendah berupa buku saku dan poster. Kelayakan media sebagai output hasil penelitian diperoleh total persentase 82,12% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jenis Lichenes, Kawasan Seulawah Agam, Referensi, Botani Tumbuhan Rendah
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahmadhanur Fitri Fitri
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:27
Last Modified: 11 Jan 2022 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19305

Actions (login required)

View Item
View Item