Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model SAVI Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Adia Nengsi, 160209098 (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model SAVI Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa)
Adia Nengsi, 160209098, FTK, PGMI, 085269077279.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar ditandai dengan hasil belajar yang memuaskan. Proses belajar yang buruk dapat mengakibatkan hasil belajar yang kurang baik. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa diperlukannya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar dapat meningkatkan keaktifan siswa. Salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan pada pembelajaran tematik adalah model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intielektual (SAVI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Somatis Auditori Visual Intielektual (SAVI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data aktivitas guru dan siswa dan analisis hasil belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, (1) Aktivitas guru dalam penerapan model Somatis Auditori Visual Intielektual di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75% ke siklus 2 sebesar 80% sehingga model Somatis Auditori Visual Intielektual cocok diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas. (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model Somatis Auditori Visual Intielektual di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar mengalami peningkatan dari siklus I 67,5% ke siklus II 79,39% sehingga model SAVI cocok diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas yang akan membuat siswa lebih aktif. (3) Hasil belajar dalam penerapan model Somatis Auditori Visual Intielektual di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar mengalami peningkatan dari siklus ke I sebesar 63,3% siklus II sebesar 83,3% dengan kategori sangat baik. sehingga model SAVI cocok di terapkan pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar M. Nur, M.Pd. 2. Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model SAVI, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adia Nengsi
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:26
Last Modified: 11 Jan 2022 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19306

Actions (login required)

View Item
View Item