Pengembangan Media Pebelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Negeri 1 Tapaktuan

Ainul Maghfirah, 160207035 (2021) Pengembangan Media Pebelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Negeri 1 Tapaktuan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pebelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Negeri 1 Tapaktuan]
Preview
Text (Pengembangan Media Pebelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Negeri 1 Tapaktuan)
Ainul Maghfirah, 160207035, FTK, PBL, 082311692380.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk dapat membantu guru dalam memudahkan penyampaian materi kepada siswa. Kurangnya penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri 1 Tapaktuan merupakan salah satu penyebab kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Monopoli, menguji kelayakan media dan menganalisis hasil respon siswa terhadap media pembelajaran Monopoli pada materi sistem pencernaan manusia di SMA Negeri 1 Tapaktuan. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 20 orang siswa kelas XI MIPA U1 di SMA Negeri1
Tapaktuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Analisis data hasil uji kelayakan dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran monopoli yang memuat materi, soal, gambar dan informasi yang berkaitan dengan materi sistem pencernaan manusia. Persentase hasil uji kelayakan media monopoli sistem pencernaan manusia oleh ahli media yaitu 82,5% dengan katagori sangat layak dan oleh ahli meteri yaitu 81,25% dengan kategori sangat layak. Persentase hasil respon siswa terhadap media monopoli sistem pencernaan manusia yaitu 92,8% dengan katagori sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Monopoli pada materi sistem pencernaan manusia sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Tapaktuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media , Monopoli, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ainul Maghfirah Ainul
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:27
Last Modified: 11 Jan 2022 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item
View Item