Penerapan Permainan Spelling Puzzle Sebagai Media Stimulus Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa MTsN 2 Lueng Bata-Banda Aceh

Suci Al Munawarah, 170213051 (2021) Penerapan Permainan Spelling Puzzle Sebagai Media Stimulus Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa MTsN 2 Lueng Bata-Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Permainan Spelling Puzzle Sebagai Media Stimulus Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa MTsN 2 Lueng Bata-Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Permainan Spelling Puzzle Sebagai Media Stimulus Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa MTsN 2 Lueng Bata-Banda Aceh)
Suci Al Munawarah, 170213051, FTK, BK, 085360372693.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Spelling puzzle merupakan salah satu kegiatan sarana yang dapat mecerdaskan kemampuan kognitif pada siswa. Siswa dapat mengeja atau menyusun gambar secara benar sehingga dapat meningkatkan daya imajinasi, kreativitas, dan berpikir logis. MTsN 2 Lueng Bata Banda Aceh merupakan sekolah yang bagus, akan tetapi masih kurang dalam penggunaan media pembelajaran di dalam kelas, oleh karena itu siswa memerlukan peningkatan metode pembelajaran berupa media yang dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran secara baik. Guru menerapkan media pembelajaran spelling puzzle untuk membantu siswa dalam meningkatkan perkembangan kognitif nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif siswa kelas VII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lueng Bata Banda Aceh dalam pembelajaran biologi dengan materi tumbuh-tumbuhan dan hewan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lueng Bata Banda Aceh pada tanggal 03 s/d 15 Juni 2021. Penelitian PTK ini terdiri dari dua siklus. Siklus I tanpa menggunakan media pembelajaran sedangkan siklus II menggunakan media pembelajaran yaitu media spelling puzzle. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas VII.1. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan spelling puzzle dapat meningkatkan perkembangan kognitif siswa. Hal ini terbukti dari hasil tes siklus I yang memperoleh skor rata-rata 7,1% dengan kategori “Cukup Baik”. Dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan skor rata-rata 9,0% dengan kategori “Sangat Baik”, selisih antara siklus I dan siklus II sebesar 19. Dengan demikian kesimpulannya penggunaan media pembelajaran splling puzzle sangat efektif dalam meningkatkan perkembangan kognitif siswa kelas VII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lueng Bata Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Kusmawati Hatta, M.Pd., Wanty Khaira, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Media Spelling Puzzle, Perkembangan Kognitif, Siswa MTsN
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Suci AL Munawarah
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:18
Last Modified: 13 Jan 2022 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19323

Actions (login required)

View Item
View Item