Pemodelan Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) di Krueng Aceh Menggunakan MATLAB

Aulia Tirtana Putri, 160702023 (2021) Pemodelan Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) di Krueng Aceh Menggunakan MATLAB. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pemodelan Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) di Krueng Aceh Menggunakan MATLAB]
Preview
Text (Pemodelan Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) di Krueng Aceh Menggunakan MATLAB)
Aulia Tirtana Putri, 160702023, FST, TL, 085260240939.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Krueng Aceh merupakan salah satu sungai besar yang digunakan sebagai sumber udara di sebagian Provinsi Aceh, sehingga kualitas air sungai harus dijaga. Limbah cair domestik yang dihasilkan oleh aktivitas rumah tangga di sekitar sungai mengandung senyawa organik yang dapat ditemukan di sungai. Indikator senyawa organik dalam air limbah domestik dapat dilihat dari konsentrasi Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD). Distribusi BOD dan COD dapat membantu dalam menganalisa Krueng Aceh. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak seperti MATLAB, dengan melakukan perhitungan matematis yaitu metode transportasi non-konservatif (Aini, 2003). Konsentrasi BOD dan COD di Krueng Aceh sudah memenuhi baku mutu air II dengan rata-rata 0,53 mg/l dan 1,22 mg/l dengan sebaran BOD dan COD di Krueng Aceh memiliki kurva ke bawah yaitu semakin mendekati hilir, maka semakin rendah BOD dan COD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yeggi Darnas, M.T. Hendri Ahmadian, M.IM..
Uncontrolled Keywords: BOD, COD, Krueng Aceh, Limbah Domestik, Matlab.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Aulia Tirtana Putri
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:23
Last Modified: 13 Jan 2022 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19349

Actions (login required)

View Item
View Item