Penggunaan Media Papan Musi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep KPK dan FPB di MIN 20 Aceh Besar

Sri Ulandari, 170209095 (2022) Penggunaan Media Papan Musi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep KPK dan FPB di MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Papan Musi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep KPK dan FPB di MIN 20 Aceh Besar]
Preview
Text (Penggunaan Media Papan Musi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep KPK dan FPB di MIN 20 Aceh Besar)
Sri Ulandari, 170209095, FTK, PGMI, 082275834818_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Materi KPK dan FPB merupakan salah satu materi dari pembelajaran matematika yang dipelajari di kelas IV SD/MI. Materi KPK dan FPB merupakan konsep dasar yang materinya berkelanjutan dalam matematika. Oleh karena itu siswa harus paham konsep dasar KPK dan FPB untuk memahami materi selanjutnya. Melalui pemahaman konsep siswa dapat menyatakan ulang subuah konsep, kemudian dapat mengklafikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dan dapat mengaplikasikan pemahaman konsep yang telah diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan media papan musi pada materi KPK dan FPB kelas IV MIN 20 Aceh Besar yang berjumlah 29 orang, teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes pemahaman konsep sedangkan teknis analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa Aktivitas Guru pada siklus I meningkat menjadi 69,64% kategori cukup, Siklus II 71,42% kategori baik, dan meningkat di Siklus III menjadi 91,07% kategori baik sekali, Aktivitas Siswa pada Siklus I 71,15% Kategori cukup, Siklus II 73,07% Kategori baik, dan meningkat di Siklus III menjadi 86,53 % kategori baik sekali. kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I 34,48% kategori kurang. Pada siklus II meningkat menjadi 62,06%. Kategori cukup dan siklus III meningkat menjadi 89,65% kategori baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan musi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV-1 MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Ulandari
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:10
Last Modified: 14 Jan 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19364

Actions (login required)

View Item
View Item