Besty Maisura, 170204012 (2021) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Flash Card di Mts Ihyaaussunnah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Besty Maisura, 170204012, FTK, PFS, 085359206767.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik di MTs Ihyaaussunnah, sehingga perlu adanya inovasi yang salah satunya berupa pembelajaran science-edutainment menggunakan media flash card. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini dengan menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.3 MTs Ihyaaussunnah semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar yang sudah divalidasi. Dari hasil pengolahan data diperoleh uji N-Gain untuk hasil belajar adalah 0,56 yang tergolong dalam kategori sedang. Sementara uji hipotesis menggunakan uji t taraf signifikan (2 tiled) pada motivasi dan hasil belajar peserta didik sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran science-edutainment berbantuan media Flash Card di MTs Ihyaausunnah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Besty Maisura Besty |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:15 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19365 |