Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Boarding School dan Non Boarding School Kelas VIII di SMP IT Al-Fityan School Aceh

Yusnika Rinada, 160201191 (2021) Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Boarding School dan Non Boarding School Kelas VIII di SMP IT Al-Fityan School Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Boarding School dan Non Boarding School Kelas VIII di SMP IT Al-Fityan School Aceh]
Preview
Text (Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Boarding School dan Non Boarding School Kelas VIII di SMP IT Al-Fityan School Aceh)
Yusnika Rinada, 160201191, FTK, PAI, 082368715493.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Siswa Boarding School dan Non Boarding School memiliki pola pembelajaran yang sama, hanya saja keberadaan mereka setelah habis jam sekolah berbeda dimana siswa Boarding School menetap di asrama sekolah sedangkam siswa Non Boarding School tidak menetap di sekolah. Hal ini membuat peneliti tertarik melihat hasil belajar kedua kelompok siswa tersebut. Oleh karenakan ini penelitian mengangkat masalah bagaiman perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Boarding School dan Non Boarding School Kelas VIII di SMP IT Al-Fityan School Aceh. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Boarding School dan Non Boarding School Kelas VIII di SMP IT Al-Fityan School Aceh”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian komparatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa Boarding School dan 11 siswa Non Boarding School. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi dan tes materi aqidah akhlak. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas Boarding School paling rendah ialah 65 sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh siswa ialah 95. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Non Boarding School paling rendah ialah 60 dan nilai tertinggi yang diperoleh siswa ialah 85. Terdapat perbendingan hasil belajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa Boarding School dengan Non Boarding School kelas VIII di SMP IT Al- Fityan School Aceh, dengan nilai thitung sebesar 3,75 > ttabel = 1,71, yang artinya siswa Boarding School lebih baik hasil belajarnya di bandingkan dengan siswa non Boarding School. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah siswa Boarding School lebih unggul nilainya dibandingkan dengan siswa Non Boarding School.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Saifullah Maysa, S.Ag.,MA., Pembimbing II : Abdul Haris Hasmar, S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Siswa Boarding School dan Non Boarding School
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusnika Rinada Yusnika
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:15
Last Modified: 14 Jan 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item
View Item