Persepsi Masyarakat Dalam Penyelesaian Ikhtilaf danRelevansinya dengan Surah Al• Nisa' Ayat 59 di desa Ceurih Kee. Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Faris Almuyassar, 170303069 (2021) Persepsi Masyarakat Dalam Penyelesaian Ikhtilaf danRelevansinya dengan Surah Al• Nisa' Ayat 59 di desa Ceurih Kee. Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Dalam Penyelesaian Ikhtilaf danRelevansinya  dengan Surah Al• Nisa' Ayat 59 di desa Ceurih Kee. Ulee Kareng Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Persepsi Masyarakat Dalam Penyelesaian Ikhtilaf danRelevansinya dengan Surah Al• Nisa' Ayat 59 di desa Ceurih Kee. Ulee Kareng Kota Banda Aceh)
Faris Almuyassar, 170303069, FUF, IAT, 082361520034.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Beberapa tahun ini adanya lkhtilaf yang terjadi di Gampong Ceurih seperti Kenduri orang meninggal dan shalat tarawih serta perbedaan pemahaman pemuda gampong dan orang tua gampong (ureung tuha), Sebagian masyarakat sangat susah menerima Ikhtilaf Idealnya masyarakat harus berlapang dada dalam menerima perbedaan. tujuan Peneliti melakukan penelitian yang berjudul Persepsi Masyarakat dalam Penyelesaian Ikhtilaf Dan Relevansinya dengan surah Al- Nisa' ayat 59 Di Desa Ceurih untuk menganalisis pemahaman masyarakat dan sikap serta pengamalan terhadap QS. An- Nisa' Ayat 59 dalam penyelesaian ikhtilaf. Penelitian mt menggunakan penelitian kulitatif dengan menggunakan teknik penelitian field research, dan menggunakan data dan informasi melalui upaya observasi, wawaneara dan dokumentasi yang didasari pada pengakuan objek. Dari data yang diperoleh kemudian diolah dengan menentukan jawaban. Berdasarkan hasil wawaneara dengan Kepala Desa, Tgk Imum, dan Masyarakat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Tidak semua masyarakat paham dan mengerti terhadap peimplimentasian Ayat tersebut dalam kehidupan sehari-hari dalam penyelesaiaan ikthilaf(perbedaaan) ,hanya ada beberapa tokoh masyarakat yang paham seperti, Tokoh agama yang ada di Desa Ceurih. Jika terjadi Ikhtikaf ditengah Masyarakat Keuehik akan melakukan musyawarah Bersama dengan semua masyarakat dan akan meeari solusi akan perkara yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Faris Almuyassar Faris
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:14
Last Modified: 17 Jan 2022 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19380

Actions (login required)

View Item
View Item