Penerapan Sekularisme dalam Pendidikan di Malaysia

Nurul Farhanah Binti Masri, 170304053 (2021) Penerapan Sekularisme dalam Pendidikan di Malaysia. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Sekularisme Dalam Pendidikan Di Malaysia]
Preview
Text (Penerapan Sekularisme Dalam Pendidikan Di Malaysia)
Nurul Farhanah Binti Masri, 170304053, FUF, AFI, +601159747425.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Malaysia merupakan mayoritas masyarakatnya adalah Islam. Tetapi negara Malaysia juga mempunyai masyarakat yang berbilang kaum. Namun, terdapat beberapa perkara yang membuatkan peneliti tertarik adalah dengan sistem pemerintahannya yang tidak mengikut sistem pemerintahan Islam sepenuhnya. Hal ini menyebabkan timbulnya beberapa permasalahan seperti sistem pendidikan yang berunsurkan barat dan hilangnya pendidikan secara Islam. Selain itu, terdapat juga permaslahan dalam sistem pemerintan dan politik negara Malaysia yang mana Kaum Cina memonopoli dewan parlemen pada PRU 14 yang mana pada ketika ini, kaum cina coba untuk menghapus unsur-unsur Islam di Malaysia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai konsep sekularisme yang dikembangkan dalam pendidikan Malaysia. Selanjutnya tujuan penelitian ini juga untuk mengklarifikasikan tentang sekularisme diterapkan dalam kebijakan atau pembangunan di Malaysia. Penelitian ini adalah penelitian lapangan ¬(field research) dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian yang dijalankan menunjukkan bahwa negara Malaysia pada awalnya memang terdapat penerapan sekularisme dalam pemerintahan pemimpin di Malaysia. Hal ini disebabkan oleh kedatangan penjajahan British ke Tanah Melayu dan penjajahan tersebut telah menukar semua sistem pemerintahan di Tanah Melayu sehingga sistem keislaman menjadi semakin berkurang. Walaupun demikian, pemimipin pada masa itu telah membuat satu kebijakan dalam mengikuti kehendak penjajah British dalam menggunakan sistem demokrasi dalam sistem pemerintahan di Malaysia. Hal ini karena, pemimpin pada masa itu ingin memasukkan unsur islamisasi di dalam sitem pemerintahan, politik, sosial, ekonomi dan pendidikan. Hal ini untuk mengelakkan agama Islam terus terhapus atau semakin menghilang disebabkan sistem sekularisme yang diperkenalkan oleh British kepada masyarkat Malaysia.
Berdasarkan perkara di atas dapat di lihat Malaysia kini sudah mula memasukkan unsur keislaman dalam pelbagai aspek. Berdasarkan penelitian yang dijalankan, pemerintah Malaysia juga telah membantu dalam memajukan sistem pendidikan di Malaysia dengan memberi bantuan untuk pembangunan sekolah agama di seuruh Malaysia. Hal ini menunjukkan bahwa pemimpin Malaysia telah menghapus sedikit demi sedikit sistem sekular yang diterapkan pada zaman pejajahan British dahulu. Namun begitu, tidak dinafikan bahwa sistem sekular masih terdapat di Malaysia tetapi ia sudah semakin berkurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Nurul Farhanah Binti Masri Farhanah
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:07
Last Modified: 17 Jan 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item
View Item