Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Berbantuan Media Bulletin Board Display terhadap Hasil Belajar Siswa MIN 2 Bener Meriah

Rahmah, 170209135 (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Berbantuan Media Bulletin Board Display terhadap Hasil Belajar Siswa MIN 2 Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Berbantuan Media Bulletin Board Display terhadap Hasil Belajar Siswa MIN 2 Bener Meriah]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Berbantuan Media Bulletin Board Display terhadap Hasil Belajar Siswa MIN 2 Bener Meriah)
Rahmah, 170209135, FTK, PGMI, 085397325097.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di MIN 2 Bener Meriah sudah menggunakan metode pembelajaran, namun belum maksimal dan belum sepenuhnya sesuai dengan materi yang diajarkan, minimnya penggunaan media, pembelajaran bersifat student centered learning sehingga mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui metode resitasi berbantuan media bulletin board display dan respon siswa terhadap metode dan media yang digunakan. Metode pengumpulan data menggunakan quasi experimental dengan nonequivalent pre-test post-test grup control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes dalam bentuk pilihan ganda dan angket. Analisis hasil belajar menggunakan uji t dan respon siswa menggunakan rumus persentase responden. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan (a) hasil uji t yaitu thitung sebesar 6,27 dan ttabel sebesar 1,672 (thitung>ttabel) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dan uji regresi sebesar Y = 71,50 + 0,09X, (b) respon siswa terhadap metode resitasi berbantuan media bulletin board display dengan persentase sebesar 69,3% setuju. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan metode resitasi berbantuan media bulletin board display terhadap hasil belajar siswa dan siswa senang dan tertarik saat proses belajar menggunakan metode resitasi berbantuan media bulletin board display.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Daniah, S. Si., M. Pd Pembimbing II : Arusman, S. Pd.I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Media Bulletin Board Display, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmah Rahmah
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:10
Last Modified: 17 Jan 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19395

Actions (login required)

View Item
View Item