Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue

Dina Ainun KSA, 170201155 (2021) Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran  Organisasi  Siswa  Intra  Sekolah  dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMA Negeri  3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue]
Preview
Text (Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue)
Dina Ainun KSA, 170201155, FTK, PAI, 082269135902.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peran organisasi siswa intra sekolah di SMA Negeri 3 Teupah Selatan menerapkan kegiatan pembentukan akhlak dengan tujuan agar siswa berakhlak mulia baik pada lingkungan sekolah maupun diluar sekolah, salah satu kegiatan OSIS yang sering dilakukan yaitu setiap hari jum’at yasinan dan ceramah singkat, pada hari-hari lain mengotrol atau mengawasi siswa agar tidak merokok, dan cabut dari sekolah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, yang menjadi rumusan masalah adalah 1) Bagaimana peran OSIS dalam pembentukan akhlak siswa SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue, 2) Adakah dukungan dan hambatan bagi OSIS dalam membina akhlak siswa SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten simeulue. Dalam penulisan skripsi ini penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi, adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan peran OSIS dalam pembentukan akhlak siswa adalah membuat program kegiatan OSIS agar dapat terbentuknya akhlak siswa yang baik, saling menghargai serta sifat kasih sayang. OSIS memberikan mimbingan kepada siswa-siswi denga ceramah singkat dan mengawasi siswa yang bandel. Dalam kegiatan ini OSIS juga memiliki hambatan dalam menjalankan tugas, karena sebagian siswa tidak mendengarkan peringatan dari OSIS, dan tetap mengulangi kesalahan. Pengurus OSIS hanya melakukan rutinitas setiap hari mengawasi siswa yang melanggar pelaturan di sekolah dengan semaksimal mungkin agar dapat mengurangi perbuatan dan kejadian yang buruk baik pada sekolah maupun pada lingkungan luar. Dengan ini peneliti menyimpulkan apabila OSIS berperan dengan baik maka akhlak siswa akan menjadi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA Pembimbing II : Abul Haris Hasmar, S.Ag., M.Ag
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.1 Organisasi dan Aktivitas pada Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dina Ainun KSA Dina
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:16
Last Modified: 18 Jan 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19396

Actions (login required)

View Item
View Item