Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Lam Ara Eungkit Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar

Zulfa Azimi, 170802071 (2021) Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Lam Ara Eungkit Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Lam Ara Eungkit Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Lam Ara Eungkit Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar)
Zulfa Azimi, 170802071, FISIP, IAN, 085370304646.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah Sebuah badan usaha berbadan hukum yang dikelola oleh pemerintah gampong. Tujuan pembentukan badan usaha ini adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG) disamping itu juga membuka lapangan kerja. Namun, Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong masih memiliki kendala seperi belum terbentuknya pengurus khusus dan kurangya Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi penghambat dalam pembangunan BUMG. Tujuan peneliti untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Lam Ara Eungkit dan hambatan atau kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Gampong Lam Ara Eungkit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Lam Ara Eungkit masih memiliki kendala terutama SDM. Di tahun 2020 dan tahun sebelumya tidak ada pengelola khusus Badan Usaha Milik Gampong Lam Ara Eungkit sehingga menjadikan Keuchik sebagai ketua BUMG yang secara regulasi tidak boleh karena merangkap jabatan. Sehingga menyebabkan pengembangan bidang usaha lainnya terhambat. Padahal gampong Lam Ara Eungkit memiki potensi alam yakni area persawahan yang begitu luas. Dengan terbentuknya struktur pengurus BUMG di tahun 2021 menjadi awal pembangunan kembali Badan Usaha Milik Gampong Lam Ara Eungkit. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan BUMG di gampong Lam Ara Eungkit belum maksimal namun upaya dari pemerintah gampong meningkatakan kualitas pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUMG, Pengelolaan BUMG, Sumber Daya Manusia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Zulfa Azimi Zulfa
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:10
Last Modified: 19 Jan 2022 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item
View Item