Pengembangan Media E-Booklet Pada Materi Tumbuhan Paku(Pteridophyta) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri I Kluet Tengah

Nujul Rahmah, 160207072 (2022) Pengembangan Media E-Booklet Pada Materi Tumbuhan Paku(Pteridophyta) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri I Kluet Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media E-Booklet Pada Materi Tumbuhan Paku(Pteridophyta) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri I Kluet Tengah]
Preview
Text (Pengembangan Media E-Booklet Pada Materi Tumbuhan Paku(Pteridophyta) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri I Kluet Tengah)
Nujul Rahmah, 160207072, FTK, PBL, 082273056280.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran tertentu terutama pada masa pandemi covid-19 ini, akibat penyebaran virus ini berdampak ke bidang pendidikan. Potensi atau masalah yang ditemukan di SMA Negeri I Kluet Tengah yaitu kurang bervariasinya media pembelajaran, sehingga membuat peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi pengembangan media e-booklet pada materi tumbuhan paku (Pteridophyta) di SMAN I Kluet Tengah dan mendeskripsikan hasil respon siswa terhadap pengembangan media e-booklet pada materi tumbuhan paku (Pteridophyta) di SMAN I Kluet Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN I Kluet Tengah. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengisi lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan validasi media e-booklet pada materi tumbuhan paku (Pteridophyta) oleh ahli media dengan persentase rata-rata 80.8% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase rata-rata 96.87% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon siswa untuk uji pertama dengan persentase rata-rata 71.5% dengan kategori baik, hasil respon siswa untuk uji kedua dengan persentase rata-rata 87.75% dengan kategori sangat baik dan hasil respon siswa untuk uji ketiga dengan perentase rata-rata 97.9% dengan kategori sangat baik. Hal ini dpat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-booklet pada materi tumbuhan paku (Pteridophyta) sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri I Kluet Tengah .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nujul Rahmah
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:10
Last Modified: 18 Jan 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19426

Actions (login required)

View Item
View Item