Pengembangan E-Module Berbasis software Flip PDF Professional pada materi ikatan kimia di MAN 1 Banda Aceh

Irhamatun Nazira, 170208040 (2021) Pengembangan E-Module Berbasis software Flip PDF Professional pada materi ikatan kimia di MAN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan E-Module Berbasis software Flip PDF     Professional pada materi ikatan kimia di MAN 1 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengembangan E-Module Berbasis software Flip PDF Professional pada materi ikatan kimia di MAN 1 Banda Aceh)
Irhamatun Nazira, 170208040, FTK, PKM, 082361609281.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pengembangan e-module kimia berbasis Flip PDF Professional pada materi ikatan kimia bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk belajar mandiri selama darurat covid-19 dan PPKM, peserta didik mengatakan sulit memahami buku pelajaran kimia yang digunakan. Peserta didik mengharapkan suatu pembelajaran yang menarik dan mudah untuk diakses dimana saja dan kapan saja dan pembelajaran kimia yang sering dilakukan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu berpusat pada guru mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut.Dari hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan diperoleh bahwa di MAN 1 Banda Aceh masih kurang dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media, respon guru, serta respon peserta didik terhadap e-module kimia berbasis Flip PDF Professional pada materi ikatan kimia rancangan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model desain ADDIE. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket respon, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil validasi oleh 3 orang validator diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,66 dengan persentase 91,66% serta kriteria sangat layak. Hasil uji coba pada guru dan peserta didik diperoleh persentase secara berturut-turut adalah 93,33% dan 90,71% dengan kriteria sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-module kimia berbasis Flip PDF Professional pada materi ikatan kimia sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di MAN 1 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-modul, Flip PDF Professional,dan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Irhamatun Nazira Nazira
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:13
Last Modified: 19 Jan 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19440

Actions (login required)

View Item
View Item