Akmal, 170202139 (2022) Analisis kesalahan Ejaan (Penulisan) dalam menyimak di Pesantren Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Akmal, 170202139, FTK, PBA, 085262578008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB) | Preview
Abstract
Setelah peneliti melakukan observasi dalam proses belajar mengajar mata pelajaran imla’, ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh siswa pesantren modern Darul ‘Ulum khususnya pada kelas 2 yaitu sebagian besar dari mereka melakukan kesalahan dalam penulisan bahasa Arab dan mereka tidak dapat membedakan huruf yang mereka dengar dari bacaan guru sehingga membuat mereka salah menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan tulisan yang menyebar di kalangan siswa pesantren modern Darul ‘Ulum, dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Populasi penelitian ini berjumlah 186 mahasiswa pesantren modern Darul ‘Ulum, dan sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas dua. Instrumen yang digunakan adalah wawancara. Adapun dari hasil penelitian, kesalahan penulisan yang utama dalam menyimak di kalangan siswa adalah: kesalahan penulisan huruf Arab, kesalahan penulisan Alif lam, kesalahan penulisan tasydid dan mad, kesalahan penulisan hamzah, dan kesalahan penulisan Alif Lainah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi yang menyebabkan kesalahan dari pihak guru karena waktu mengajar yang singkat, dan dari pihak siswa kurang memahami materi pelajaran, siswa kurang kosa kata, kurang fokus ketika mendengarkan, mereka tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Akmal Akmal |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:22 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19444 |