Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Logaritma dan Alternatif Pemecahan untuk Kelas X SMA/MA

Riski Andhika Rahman, 170205062 (2022) Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Logaritma dan Alternatif Pemecahan untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Logaritma dan Alternatif Pemecahan untuk Kelas X SMA/MA]
Preview
Text (Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Logaritma dan Alternatif Pemecahan untuk Kelas X SMA/MA)
Riski Andhika Rahman, 170205062, FTK, MTK, 82238274748.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Materi logaritma merupakan materi yang dianggap sulit oleh sebagian siswa, hal ini salah satu penyebabnya dikarenakan guru kurang memberikan penjelasan secara rinci mengenai konsep logaritma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kesulitan siswa serta menemukan alternatif solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan pada materi logaritma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk melihat fenomena kesulitan saat menyelesaikan soal logaritma yang terjadi pada siswa SMA kelas X. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 8 subjek diperoleh bahwa pada hasil tes awal peneliti menemukan faktor penyebab siswa dalam menyelesaikan soal tes yang didasarkan pada indikator kesulitan dalam menyelesaikan soal berupa kesulitan memahami konsep (Tipe I), melakukan prosedural (Tipe II) dan memahami soal cerita (Tipe III). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep memiliki persentase sebesar (Tipe I) 12,5%, kesulitan melakukan prosedural sebesar (Tipe II) 37,5%, dan kesulitan memahami soal cerita (Tipe III) sebesar 50%. Berdasarkan kriteria kesulitan yang dialami, Tipe I tergolong sangat rendah, Tipe II tergolong rendah, dan Tipe III tergolong cukup tinggi. Sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan ini yaitu dengan menerapkan model Discovery Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep dan melakukan prosedural. Kemudian dapat diterapkan model Problem Based Learning untuk mengantisipasi terjadinya kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi logaritma.
M

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Andhika Rahman
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:23
Last Modified: 19 Jan 2022 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item
View Item