Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar

Fajar Fhounna, 170802067 (2021) Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan Di Puskesmas  Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar)
Fajar Fhounna, 170802067, FISIP, IAN, 085297019074.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. kualitas merupakan hasil penilaian masyarakat atau pasien yang berdasarkan apa yang dialaminya setelah ia berurusan dengan organisasi baik itu swasta maupun pemerintahan. Hal ini berarti bahwa kualitas merupakan penilaian masyarakat atau pasien yang sifatnya objektif. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di tingkat dasar adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) yang merupakan unit organisasi fungsional Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan diberi tanggung jawab sebagai pengelola kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten/kota. Penelitian ini di latarbelakangi adanya fakta yang menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Krueng Barona Jaya yang berada di Kecamatan Krueng Barona Jaya dalam menjalankan tugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat belum memenuhi mencapai tujuan yang diharapkan, secara umum masih terdapat kelemahan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini berdasarkan sembilan indikator kepuasan masyarakat, terdapat beberapa indikator yang menyatakan pelayanan belum sesuai dengan peraturan yang berlaku antara lain pada indikator 1. Waktu Penyelesaian, 2. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, 3. Perilaku Pelaksana, dan 4. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan. Sedangkan pada indikator 1. Persyaratan Pelayanan, 2. Sistem, Mekanisme dan Prosedur, 3. Biaya atau Tarif, 4. Kompetensi Pelaksana, 5. Sarana dan Prasarana, masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan, dan Tenaga Kesehatan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Fajar Fhounna
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:20
Last Modified: 19 Jan 2022 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item
View Item