Dampak Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Terhadap Penanganan COVID-19 di Gampong Meunasah Jok Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen

Hayaton Nufus, 170802084 (2021) Dampak Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Terhadap Penanganan COVID-19 di Gampong Meunasah Jok Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Terhadap Penanganan COVID-19]
Preview
Text (Dampak Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Terhadap Penanganan COVID-19)
Hayaton Nufus, 170802084, FISIP, IAN, 081260001924.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penyebaran Corona Virus `Disease (COVID-19) berdampak pada aspek Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan, serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 1 Tahun 2020, Dana Desa dapat digunakan untuk kegiatan penanganan COVID-19 dan Bantuan Langsung Tunai Desa. Maka peneliti meneliti lebih mendalam tentang Dampak Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Terhadap Penanganan COVID-19 dan hambatan serta dukungan dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Gampong Meunasah Jok Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya dampak positif dari proses pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa terhadap adanya COVID 19 yang disalurkan kepada 48 KK (Kepala Keluarga) yang kurang mampu sehingga perekonomi masyarakat sedikit membantu dalam kehidupan sehari-hari. Hambatan dan dukungan dari adanya BLT-DD Gampong Meunasah Jok harus mendata ulang masyarakat miskin yang belum terdaftar dari bantuan PKH, BPNT, dan Kartu Prakerja dikarenakan data yang digunakan masih data tahun 2019. Dukungan dari BLT-DD juga dapat membantu perekonomian masyarakat dan dapat membantu meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Hayaton Nufus Nufus
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:07
Last Modified: 20 Jan 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19463

Actions (login required)

View Item
View Item