Keanekaragaman Spesies Burung Pada Beberapa Habitat Di Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi

Reza Amirah Yahya, 170207002 (2021) Keanekaragaman Spesies Burung Pada Beberapa Habitat Di Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Spesies Burung Pada Beberapa Habitat Di Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi]
Preview
Text (Keanekaragaman Spesies Burung Pada Beberapa Habitat Di Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi)
Reza Amirah Yahya, 170207002, FTK, PBL, 081263572424.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keanekaragaman spesies burung pada suatu habitat sangat dipengaruhi oleh keberadaan tumbuhan, aktivitas manusia, ketersediaan pakan burung dan faktor fisik lingkungan. Kurangnya penelitian lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa Ornitologi tentang burung pada berbagai tipe habitat menyebabkan informasi tentang keberadaan spesies burung berdasarkan tipe habitat juga kurang. Panton luas merupakan suatu wilayah dengan banyak tipe habitat yang dihuni oleh berbagai macam spesies tumbuhan yang sangat mendukung keberadaan burung. Penelitian ini dilakukan di daerah Panton Luas, Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan pada 4 tipe habitat yaitu habitat gunung, habitat kebun, habitat sawah, dan habitat sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks keanekaragaman burung, korelasi burung dengan tumbuhan dan bentuk referensi hasil penelitian burung pada beberapa habitat di Panton Luas, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode titik hitung sedangkan penentuan titik hitung menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada 4 habitat dengan jumlah keseluruhan 12 titik hitung. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 27 spesies burung dari 15 famili dengan total keseluruhan 318 individu. Indeks keanekaragaman pada semua tipe habitat diketahui pada habitat perkebunan mempunyai indeks yang paling tinggi yaitu sebesar (Ĥ = 2,15) dengan kategori sedang. Korelasi antara burung dengan vegetasi yang paling tinggi terjadi di habitat perkebunan dengan nilai r=0,99 dengan kategori sangat kuat atau cukup. Hasil uji kalayakan terhadap produk hasil penelitian dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor sebanyak 88,3% dengan kategori sangat layak sedangkan uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor sebanyak 87,1% dengan kategori sangat layak untuk dijadikan referensi pada mata kuliah ornitologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman burung, Habitat, Korelasi, Panton Luas
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Reza Amirah Yahya Reza
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:38
Last Modified: 21 Jan 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item
View Item