Ornamentasi Spora Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Botani Tumbuhan Rendah

Mhd Azlan Arjudin, 170207146 (2022) Ornamentasi Spora Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Botani Tumbuhan Rendah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ornamentasi Spora Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Botani Tumbuhan Rendah]
Preview
Text (Ornamentasi Spora Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Botani Tumbuhan Rendah)
MHD Azlan Arjudin, 170207146, FTK, PBL, 082167107035.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses praktikum Botani Tumbuhan Rendah pada laboratorium Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi Uin Ar-raniry sudah berjalang dangan baik, namun perlu adanya penambahan penunjang praktikum khususnya pada percobaan Ornamentasi Spora tumbuhan paku (Pteridophyta) demi untuk lebih meningkatkan kelancaran praktikum di laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ornamentasi spora tumbuhan paku, (2) untuk mengetahui kelayakan output dari hasil penelitian ornamentasi spora tumbuhan paku (3) Untuk mengetahui respom mahasiswa terhadap output hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan dan Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi. Metode survey eksploratif dengan teknik yang digunakan dalam penilitian ini yaitu Purposive sampling. Analisis data ornamentasi spora tumbuhan paku berupa bentuk spora, tipe spora (apartuta), dan tekstur spora dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan kelayakan output dan respon mahasiswa menggunakan teknik analisis kuantitatif, yaitu dengan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh ornamentasi spora tumbuhan paku yaitu bentuk spora elips/bilateral dan segitiga, tipe spora (apartuta) monolet dan trilet, serta tekstur spora faveolate/cristate, verrucate, dan reticulate pada 17 jenis spesies tumbuhan paku dari 12 genus. Pemamfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk atlas tumbuhan dan awetan kering sebagai penunjang praktikum Botani Tumbuhan Rendeh materi Pteridophyta. Uji kelayakan dari outpot hasil penelitian tergolong dalam katagori sangat layak , dengan nilai presentase 78.6%. Respon mahasiswa terhadap output hasil penelitian tergolong dalam katagori sangat tinggi, dengan nilai presentase 94,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan paku, Ornamentasi Spora, Tahura Pocut Meurah Intan.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mhd Azlan Arjudin Azlan
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:38
Last Modified: 21 Jan 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19476

Actions (login required)

View Item
View Item