Transparansi Informasi Publik Dalam Pembangunan Gampong Ujung Padang Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan

Wida Riska, 160802018 (2022) Transparansi Informasi Publik Dalam Pembangunan Gampong Ujung Padang Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Transparansi Informasi Publik Dalam Pembangunan Gampong]
Preview
Text (Transparansi Informasi Publik Dalam Pembangunan Gampong)
Wida Riska, 160802108, FISIP, IAN, 081269781318.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya pemerintah yang baik (good governance) merupakan salah satu proses yang diterapkan dalam sebuah organisasi, dalam rangka memperbaiki indikator sosial maupun ekonomi pada suatu daerah dan usaha untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang baik. Untuk mewujudkan tata pelaksana pemerintah yang baik harus diperhatikan prinsip transparansi pada pemerintah yang dapat dipercaya dan penuh pertanggungjawaban dalam memaparkan keterbukaan terhadap hal-halyang menyangkut dengan informasi pembangunan di Gampong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme informasi publik dalam pembangunan Gampong dan bagaimana tantangan pemerintah Gampong dalam memberikan transparansi informasi pembangunan kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa tingkat keterbukaan proses penyelenngaraan informasi publik yang menjadi arahan dalam tujuan pembangunan, memberikan kemudahan prosedur pelayanan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kemudahan dalam mendapatkan informasi dalam penyelengaaraan pelayanan yang efektif, sederhana dan terbuka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa transparansi informasi yang disampaikan kepada publik dalam pembangunan Gampong masih belum terbuka dalam pembuatan rancangan yang masih kurang efektif, penyampaian informasi yang masih berubah-ubah dan terjadinya kesenjangan dalam pertanggungjawaban penyelenggaraan pelayanan dalam pembangunan. Dengan demikian pemerintah Gampong perlu meningkatkan upaya pelayanan yang baik dan keterbukaan pembangunan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Wida Riska Wida
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:08
Last Modified: 21 Jan 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19479

Actions (login required)

View Item
View Item