Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Di MTsN 3 Banda Aceh

Mahdalena, 170207114 (2022) Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Di MTsN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem  Pencernaan Manusia Kelas VIII Di MTsN 3 Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Di MTsN 3 Banda Aceh)
Mahdalena, 170207114, FTK, PBL, 08984870941.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dan penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran di kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh, sehingga kurangnya kreativitas siswa ketika belajar dan menurunnya hasil belajar siswa. Maka perlu diterapkannya model pembelajaran berbasis kooperatif seperti model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning dengan media tiga dimensi pada materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas VIII di MTsN 3 Banda Aceh. Rancangan penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan menggunakan one group pre test dan post test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-3 sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian proyek dan soal pre test post test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase kreativitas kelompok siswa dalam pembelajaran yaitu 89% dengan kriteria sangat kreatif dan terdapat peningkatan hasil belajar siwa, dengan nilai rata-rata pre test yaitu 44 sedangkan nilai post test yaitu 84. Berdasarkan uji t diperoleh thitung = 20,01 dan ttabel = 1,72 dengan derajat bebas (db) yaitu 20 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut thitung lebih besar dari ttabel (thitung 20,01 ≥ ttabel = 1,72) sehingga H0 diolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based learning dengan media tiga dimensi, dapat menjadikan kreativitas siswa sangat kreatif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan Manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Project Based Learning, Sistem Pencernaan Manusia, Media Tiga Dimensi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mahdalena Mahdalena
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:12
Last Modified: 24 Jan 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19483

Actions (login required)

View Item
View Item