Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Generatif Melalui Media Audio Visual Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Di SMPN 2 Darul Makmur Nagan Raya

Nur Dewi, 160207131 (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Generatif Melalui Media Audio Visual Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Di SMPN 2 Darul Makmur Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Generatif Melalui Media Audio Visual Pada  Materi Gerak Pada Tumbuhan Di SMPN 2 Darul Makmur Nagan Raya]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Generatif Melalui Media Audio Visual Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Di SMPN 2 Darul Makmur Nagan Raya)
Nur Dewi, 160207131, FTK, PBL, 081298704192.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dalam pelajaran IPA Biologi di SMPN 2 Darul Makmur Nagan Raya masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh aktivitas siswa selama proses pembelajaran cenderung hanya mendengarkan dan mencatat pelajaran yang diberikan guru, siswa kurang aktif baik dalam menyampaikan pertanyaan serta mengemukakan pendapat tentang materi yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Generatif dan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerak pada Tumbuhan di kelas VIII SMPN 2 Darul Makmur Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan rancangan pre experiment dengan bentuk desain yaitu One Group pretest-posttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Darul Makmur Nagan Raya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata pre-test yaitu 33, dan nilai rata-rata post-test 77,5. Hasil Pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung ˃ t tabel (thitung = 4,2398 ˃t tabel 2,039) Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Generatif dan media Audio Visual berpengaruh terhadap peningkatkan hasil belaja siswa di kelas VIII SMPN 2 Darul Makmur Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Generatif, media Audio Visual, Hasil belajar, Materi Gerak pada Tumbuhan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Dewi
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:17
Last Modified: 21 Jan 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19485

Actions (login required)

View Item
View Item