Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Video Pada Materi Sistem Peredaran Darah Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Sinabang

Noviya Marantika, 160207130 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Video Pada Materi Sistem Peredaran Darah Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Sinabang. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Video Pada Materi Sistem Peredaran Darah Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Sinabang]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Video Pada Materi Sistem Peredaran Darah Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Sinabang)
Noviya Marantika, 160207130, FTK, PBL, 082294877803.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 3 Sinabang masih kurang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penerapan model pembelajaran dan keterbatasan media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dan video terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Sinabang. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Pre experiment dengan bentuk desain One Group Pre-test-post-test. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Sinabang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes untuk melihat hasil belajar siswa dan angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Chi Kuadrat. Hasil belajar siswa berpengaruh terhadap nilai rata-rata pre-test yaitu 29,90 dan nilai rata-rata post-test yaitu 76,90. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai hitung ≥ tabel ( hitung = 17,6026 tabel = 2,086) sehigga Ha diterima dan Ho ditolak. Motivasi belajar siswa dapat diketahui dari motivasi kategori tinggi yaitu 23,80%, motivasi kategori sedang 66,66% dan motivasi kategori rendah 9,52 %. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative script dan video berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi sistem peredaran darah di kelas XI SMA negeri 3 Sinabang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Noviya Marantika
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:17
Last Modified: 21 Jan 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19486

Actions (login required)

View Item
View Item