Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Gampong Keumumu Hulu Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan

Safriadi, 70802127 (2021) Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Gampong Keumumu Hulu Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Gampong Keumumu Hulu Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Gampong Keumumu Hulu Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan)
Safriadi, 170802127, FISIP, IAN, 082277805459.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan di gampong Keumumu Hulu masih belum lumayan baik. Kondisi ini dapat kita lihat karena masih adanya masyarakat yang merasakan pelayanan yang diberikan oleh aparatur gampong Keumumu Hulu masih lama dan tidak mudah. Di samping itu beberapa dari prinsip pelayanan belum sepenuhnya diterapkan dalam pelayanan administrasi kependudukan yang ada di gampong Keumumu Hulu. Untuk mendapatkan pelayanan yang bagus dan optimal maka prinsip – prinsip pelayanan tersebut harus benar – benar diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan administrasi kependudukan di Gampong Keumumu Hulu dan apa faktor – faktor yang menghambat pelayanan administrasi kependudukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelayanan yang diberikan oleh aparatur desa yang ada di gampong Keumumu Hulu belum sempurna atau bagus karena masih didapati masyarakat yang belum merasa puas dalam segi pelayanan yang diberikan. Hal itu juga dapat dilihat berdasarkan prinsip – prinsip pelayanan meliputi : kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan, keramahan dan kenyamanan. Dari beberapa prinsip yang telah disebutkan diatas, masih didapati beberapa prinsip yang belum di terapkan oleh aparatur desa di gampong Keumumu Hulu sehingga pelayanan yang di berikan kepada masyarakat belum optimal dan maksimal. Disisi lain, sarana dan prasarana juga menjadi faktor utama dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan di gampong Keumumu Hulu. Selain itu, di gampong Keumumu Hulu juga tidak memiliki standard operasional pelayanan (SOP). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan belum maksimal, dikarenakan masih adanya masyarakat yang mengalami proses pembuatan surat yang selesainya lama, tidak mudah dan berbelit – belit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pelayanan Administrasi Kependudukan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.1 Administrasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Safriadi Safriadi
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:19
Last Modified: 21 Jan 2022 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19488

Actions (login required)

View Item
View Item