Strategi Coping Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menyelesaikan Skripsi di Masa Pandemi COVID-19 (Studi pada Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry).

Zakirah Mawardi, 160402039 (2021) Strategi Coping Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menyelesaikan Skripsi di Masa Pandemi COVID-19 (Studi pada Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Coping Mahasiswa Tingkat Akhir]
Preview
Text (Strategi Coping Mahasiswa Tingkat Akhir)
Zakirah Mawardi, 160402039, FDK, BKI, 082369304998.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi merupakan salah satu persyaratan mahasiswa untuk mendapatkan gelar S-1. Menyelesaikan program sarjana S-1 mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan skripsi bagaimanapun situasinya. Dalam menyelesaikan skripsi mahasiswa mengahadapi berbagai masalah. Pada awal 2020 dunia di gemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu coronavirus jenis baru (SARS-CoV-2) dan penyakitnya disebut Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Adanya pandemi tersebut banyak mahasiswa tingkat akhir prodi BKI yang mengalami dua kali lipat stres dalam menyelesaikan skripsi daripada mahasiswa umum lainya yang tidak dalam masa pandemi. Pentingnya strategi coping dalam menghadapi permasalahan saat proses skripsi agar mahasiswa dapat beradaptasi dengan kondisi stres dan terhindar dari stres yang berkepanjangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi coping yang dilakukan mahasiswa tingkat akhir di masa pandemi COVID-19, untuk mengetahui kendala yang di hadapi mahasiswa akhir dalam menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19 dan untuk mengetahui tindak lanjut prodi BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dalam menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah field reasearch. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dari penelitian ini sebanyak 8 responden yang terdiri dari mahasiswa BKI yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19, pihak prodi dan dosen pembimbing. Adapun teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa umumnya menggunakan strategi coping yang berfokus pada masalah (problem focused coping) seperti bimbingan langsung secara tatap muka ke rumah dosen atau di kampus, mencari jurnal dan buku di internet dan pergi ujian ke rumah dosen serta mengikuti les untuk mendapatkan sertifikat. Pihak prodi juga memberikan alternatif bimbingan di masa pandemi seperti sekarang ini dengan cara bimbingan tatap muka tetap dengan prosedur kesehatan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zakirah Mawardi Kirah
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:28
Last Modified: 21 Jan 2022 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19492

Actions (login required)

View Item
View Item