Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Melaui Metode Jas Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP N 3 Tangse Pidie

Cut Nurul Izzah, 170207112 (2022) Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Melaui Metode Jas Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP N 3 Tangse Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Melaui Metode Jas Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP N 3 Tangse Pidie]
Preview
Text (Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Melaui Metode Jas Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP N 3 Tangse Pidie)
Cut Nurul Izzah, 170207112, FTK, PBL, 085359402759.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran selama ini menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, media buku paket, dan gambar pada interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Hal tersebut mengakibatkan siswa tidak terbiasa untuk menggunakan serta mengasah keterampilan proses sains yang dimiliki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode JAS terhadap keterampilan proses sains, hasil belajar dan respon siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test Control Group Design. Sample penelitian siswa kelas VII 1 sebanyak 24 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/ 2022 di SMPN 3 Tangse Pidie, Aceh. Data hasil belajar dianalisis dengan uji t dan keterampilan proses sains serta respon hasil penelitian siswa diuji dengan menganalisis persentase angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode JAS mempengaruhi keterampilan proses sains siswa dengan nilai rata-rata 76,75 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa diperoleh nilai dimana thitung lebih besar daripada ttabel (thitung = 1,875 dan ttabel = 1,714) yang berarti hipotesis Ha diterima, atau terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Respon siswa tergolong kategori baik, dengan nilai rata-rata 70. Dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa Metode JAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta berpegaruh terhadap keterampilan proses sains dan respon siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Metode JAS, Interaksi MakhluHidup, Hasil Belajar, Respon Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Nurul Izzah
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:05
Last Modified: 24 Jan 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19502

Actions (login required)

View Item
View Item