Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Yang Terakreditasi Dan Non Akreditasi Di Kabupaten Pidie

Vanida, 170802144 (2021) Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Yang Terakreditasi Dan Non Akreditasi Di Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Yang Terakreditasi Dan Non Akreditasi Di Kabupaten Pidie]
Preview
Text (Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Yang Terakreditasi Dan Non Akreditasi Di Kabupaten Pidie)
Vanida, 170802144, FISIP, IAN, 085264270735.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik merupakan langkah bagi suatu negara untuk melindungi dan mewujudkan kesejahteraan bagi rakyatnya. Tanpa pelayanan publik, sebuah negara berarti absen akan tanggungjawabnya untuk mensejahterakan rakyat. Pidie merupakan salah satu Kabupaten yang berada diwilayah provinsi Aceh, Pusat pemerintahan kabupaten ini berada di Kota Sigli. Puskesmas Peukan Baro adalah salah satu Puskesmas yang sudah terakreditasi di Kabupaten Pidie, sedangkan Puskesmas Tiro belum memiliki akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk layanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Peukan Baro (terakreditasi) dan Kecamatan Tiro di Kabupaten Pidie (non akreditasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang berorientasi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang ada di Puskesmas Peukan Baro (Terakreditasi) jauh lebih baik dibandingkan dengan Puskesmas Tiro (Non akreditasi), karena Puskesmas Tiro masih kekurangan sarana, prasarana, dan beberapa peralatan kesehatan lainnya, ini berakibat kurang maksimalnya pelayanan yang ada di puskesmas Tiro. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perbedaan yang paling jelas pada Puskesmas Peukan Baro dengan Puskesmas Tiro adalah, Puskesmas Peukan Baro sudah bekerja sesuai dengan (SOP) Standar Operasional Prosedur, dan fasilitas yang ada di Puskesmas Peukan Baro lebih unggul dibandingkan dengan Puskesmas Tiro. Sedangkan Puskesmas Tiro juga bekerja sesuai dengan (SOP) Standar operasional Prosedur tetapi memang belum sebaik Puskesmas Peukan Baro, waktu operasional pelayanan juga berbeda, Puskesmas Tiro melayani pasien rawat jalan dimulai pada jam 08.00 s/d jam 14.00 WIB lebih cepat tutup dibandingkan dengan Puskesmas Peukan Baro yang melayani pasien dimulai pada jam 08.00 s/d jam 16.45 WIB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pelayanan Kesehatan, Akreditasi Puskesmas
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Vanida Vanida
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:15
Last Modified: 24 Jan 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19503

Actions (login required)

View Item
View Item