Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh

Riska Azami, 170802150 (2022) Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh)
Riska Azami, 170802150, FISIP, IAN, 085270753562.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit merupakan salah satu fasilitas publik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Rumah sakit memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rumah Sakit Umum Daerah yang kemudian disingkat menjadi RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh sebagai institusi Pemerintah Daerah Kota Banda Aceh berkewajiban memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh yang telah mendapatkan akreditasi Paripurna pada tahun 2017 lalu yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada pasien, termasuk pasien rawat jalan pada poli penyakit dalam, dimana pasien pada poli penyakit dalam sudah memasuki usia yang rata-rata sudah lanjut usia sehingga pelayanannya harus lebih diutamakan karena faktor usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan medis serta inovasi pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit terhadap pasien rawat jalan poli penyakit dalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelayanan medis terhadap pasien rawat jalan poli penyakit dalam yang dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu: Dokter pemberi pelayana pada poliklinik spesialis, ketersediaan pelayanan, jam buka pelayanan, waktu tunggu di rawat jalan dan kepuasan pelanggan, dan inovasi pelayanan SIM-RS yang dapat dinilai dari Relatif Advantage (keuntungan relatif), Compatibility (Kesesuaian), Complexity (kerumitan), Triability (kemungkinan dicoba) dan Observability (kemudahan diamati). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pasien merasa puas dengan pelayanan medis yang diberikan kepada pasien rawat jalan poli penyakit dalam, serta inovasi pelayanan yang sudah memenuhi karakteristik inovasi yang baik. inovasi pelayanan SIM-RS yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di era digitalisasi serta mampu memberikan keuntungan bagi pihak Rumah Sakit dan pasien yang berobat di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kesehatan, Pasien Rawat Jalan, Inovasi SIM-RS
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.6 Kegiatan pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Riska Azami
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:16
Last Modified: 24 Jan 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19504

Actions (login required)

View Item
View Item