Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Dinas Syariat Islam Aceh

Wirdatul Fajria, 170802145 (2022) Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Dinas Syariat Islam Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Dinas Syariat Islam Aceh]
Preview
Text (Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Dinas Syariat Islam Aceh)
Wirdatul Fajria, 170802145, FISIP, IAN, 082256982029.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aparatur Sipil Negara adalah profesi bagi PNS dan PPPK yang diangkat oleh pejabat Pembina kepegawaian dan diserahi tugas pemerintahan. Kinerja merupakan hasil capaian kerja seorang aparatur yang penting untuk diketahui sebagai tolak ukur kesuksesan suatu organisasi. Mencermati Dinas Syariat Islam Aceh sebagai lembaga yang dibentuk untuk mengatur jalannya pelaksanaan Syariat Islam, tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Syariat Islam Aceh. Metode penelitian bersifat deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunkan adalah data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian antara lain faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi ASN, Sasaran Kerja Pegawai dan Perilaku Kerja Pegawai. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan kinerja Aparatur Sipil Negara dalam pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi ASN sudah baik dinilai berdasarkan mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan skill dan waktu yang ditentukan kepada setiap ASN dengan adanya Analisis Jabatan (ANJAB) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Namun berdasarkan temuan peneliti, masih terdapat sejumlah ASN yang rendah keinginan belajar, dan pelatihan yang tidak didapatkan semua ASN karena anggaran yang kurang memadai, selanjutnya kendala dalam pelaksanaan tupoksi adalah komputer yang kurang memadai sebagai alat pendukung pelaksanaan tugas. Kemudian masih rendah komitmen bekerja, kurang dalam hal kedisiplinan waktu bekerja dan tidak memanfaatkan e-absensi dengan baik, secara hal kerja sama antara sesama ASN sudah terjalin baik dalam pelaksanaan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, ASN, Dinas Syariat Islam Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Wirdatul Fajria
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:16
Last Modified: 24 Jan 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19506

Actions (login required)

View Item
View Item