Pertumbuhan Miselium Jamur Tiram (Pleoretus Sp.) Pada Medium Jagung (Zea Mays L.) Padat Dan Cair Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Mikologi

Siti Nurhalisa, 170207031 (2022) Pertumbuhan Miselium Jamur Tiram (Pleoretus Sp.) Pada Medium Jagung (Zea Mays L.) Padat Dan Cair Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Mikologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pertumbuhan Miselium Jamur Tiram (Pleoretus Sp.) Pada Medium Jagung (Zea Mays L.) Padat Dan Cair Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Mikologi]
Preview
Text (Pertumbuhan Miselium Jamur Tiram (Pleoretus Sp.) Pada Medium Jagung (Zea Mays L.) Padat Dan Cair Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Mikologi)
Siti Nurhalisa, 170207031, FTK, PBL, 085296683314.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jamur tiram (Pleurotus sp.) adalah salah satu jamur pangan yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Nutrisi yang diperlukan jamur tiram yaitu karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin. Penelitian ini menggunakan 2 jenis media yaitu media padat dan cair yang berbahan dasar jagung. Penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana pertumbuhan miselium jamur tiram (Pleurotus sp.) pada medium jagung (Zea mays L.) padat dan cair. Kemudian bagaimana uji kelayakan serta respon mahasiswa terhadap produk hasil penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertumbuhan miselium Jamur Tiram (Pleurotus sp.) pada medium jagung (Zea mays L.) padat dan cair, serta mengkaji hasil kelayakan dan respon terhadap produk penelitian. Penelitian dilaksanakan di laboratorium mikrobiologi Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah UIN Ar- Raniry. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan metode RAL faktorial dengan 4 perlakuan dan 3 kali pengulangan serta 2 kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medium jagung (Zea mays L.) padat dan cair berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan miselium Jamur Tiram (Pleurotus sp.). Pertumbuhan miselium terbaik terdapat pada medium jagung padat yaitu hari ke-8 dan ke-10 dengan rata-rata tinggi koloninya 52.358 mm dan 56.941 mm. Penelitian ini menghasilkan output berupa modul praktikum yang akan di uji kelayakan oleh 2 validator media dan 2 validator materi, serta pengambilan respon mahasiswa terhadap modul praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Medium Jagung, Pleurotus sp., Miselium, Pertumbuhan, Kelayakan, Respon Mahasiswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti nurhalisa Siti
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:56
Last Modified: 25 Jan 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19516

Actions (login required)

View Item
View Item