Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 3 Kota Banda Aceh.

Ayu Wandira, 170206085 (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 3 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan    Kinerja Tenaga Pendidik pada Masa Pandemi Covid-19 di   MAN 3 Kota Banda Aceh.]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 3 Kota Banda Aceh.)
Ayu Wandira, 170206085, FTK, MPI, 082369214880..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana. Permasalahan dalam penelitian ini adalah di masa pandemi sistem belajar dilaksanakan dari rumah, proses belajar tidak akan berjalan aktif apabila kepala madrasah tidak merencanakan program pembelajaran dengan baik. kepala madrasah harus cermat mengelola guru, staf, fasilitas, biaya, orang tua dan siswa. Dengan demikian kepala madrasah perlu melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan kinerja guru agar pembelajaran berlangsung efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran, strategi dan program kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru bidang studi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa : (1) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di masa pandemi covid-19 meliputi: educator, manajer, administrator, supervisor, serta leader bagi warga madrasah. (2) Strategi kepala madrasah berawal dari membuat Rencana Kerja Madrasah (RKM), mengikutsertakan guru dalam pelatihan, mengembangkan metode pembelajaran, melakukan supervisi, serta melaksanakan evaluasi kinerja guru. (3) Program belajar yang terlaksana di masa pandemi covid-19 adalah proses belajar mengajar secara daring dan semi luring, serta melakukan penilaian tenaga pendidik dengan melihat pedagogik, kepribadian, sosial serta professional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Ismail Anshari, MA Pembimbing 2 : Dr. Murni M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kinerja Tenaga Pendidik.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ayu Wandira Ayu
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:19
Last Modified: 25 Jan 2022 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19524

Actions (login required)

View Item
View Item