Penerapan Media Powerpoint Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pai Pada Siswa Kelas Ix-4 Smp Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh

Yusriman, 160201056 (2021) Penerapan Media Powerpoint Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pai Pada Siswa Kelas Ix-4 Smp Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Media Powerpoint Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pai Pada Siswa Kelas Ix-4 Smp Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Media Powerpoint Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pai Pada Siswa Kelas Ix-4 Smp Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh)
Yusriman, 160201056, FTK, PAI, 082277804469.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan Agama Islam pada saat ini belum menunjukkan peningkatan pencapaian hasil belajar yang memuaskan, sehingga memerlukan bantuan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar. Adapun lokasi penelitian dilakukan di SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-4 yang berjumlah 21 orang, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi serta tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus penskoran. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan atau siklus. Hasil peneitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan baik dengan perolehan skor 79,5 menjadi 93,1 pada siklus ke II. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh skor 67,4 dan mengalami peningkatan menjadi 85,2 pada siklus ke II. Hasil Post test pada siklus I dengan skor 71,4 dikategorikan baik dan meningkat pada siklus ke II dengan skor 90,4 dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah pembelajaran dengan menerapkan media powerpoint peserta didik terhadap mata pelajaran pendidikan Agama Islam di kelas IX-4 SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh mengalami peningkatan dengan kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Powerpoint, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusriman Yusriman
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:20
Last Modified: 25 Jan 2022 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19527

Actions (login required)

View Item
View Item