Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Selatan

Safriani, 170209085 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk   Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat   Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Selatan]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Selatan)
Safriani, 170209085, FTK, PGMI, 085236736959..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran Time Token untuk meningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa dan untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 26 Aceh Selatan yang berjumlah 19 orang. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru dan observasi kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelititian ini dapat diketahui bahwa aktivitas guru pada siklus I 77,27% dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 88% dengan kategori sangat baik dan meningkat lagi pada siklus III mencapai 89,77% dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 50,69% dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 70,34% dengan kategori baik dan meningkat lagi pada siklus III mencapai 80,88% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V MIN 26 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fithriyah, S.Ag., M.Pd Pembimbing II : Salfayana Putri Arita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Time Token, Mengemukakan Pendapat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Safriani Safriani
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:13
Last Modified: 27 Jan 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19529

Actions (login required)

View Item
View Item