Pandangan Masyarakat Terhadap Korban Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika Dan Zat Adiktif (Napza) Pasca Rehabilitasi (Studi Di Gampong Tuha Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie)

Gebrina Riski, 170404027 (2022) Pandangan Masyarakat Terhadap Korban Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika Dan Zat Adiktif (Napza) Pasca Rehabilitasi (Studi Di Gampong Tuha Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pandangan Masyarakat Terhadap Korban Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika Dan Zat Adiktif (Napza) Pasca Rehabilitasi (Studi Di Gampong Tuha Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie)]
Preview
Text (Pandangan Masyarakat Terhadap Korban Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika Dan Zat Adiktif (Napza) Pasca Rehabilitasi (Studi Di Gampong Tuha Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie))
Gebrina Riski, 170404027, FDK, PMI, 082273936820_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Fenomena perkembangan penyalahgunaan NAPZA sudah menyebar di setiap masyarakat Kabupaten/Kota di Aceh, termasuk Kabupaten Pidie, tepatnya di Gampong Tuha Peudaya, Kecamatan Padang Tiji. Dampak dari penyalahgunaan NAPZA adalah memburuknya hubungan keluarga, diasingkan dari masyarakat dan dianggap tidak dapat tampil maksimal dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasih mengenai pandangan serta interaksi masyarakat terhadap korban penyalahgunaan NAPZA Pasca rehabilitasi studi di Gampong Tuha Peudaya, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie. Pandangan masyarakat terhadap korban penyalahgunaan NAPZA dapat dijabarkan dalam bentuk kemampuan pandangan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan pandangan kemampuan melaksanakan peran sosialnya. Untuk itu peneliti tertarik dalam menggali informasi bagaimana pandangan serta intreaksi masyarakat Gampong Tuha Peudaya terhadap korban penyalahgunaan NAPZA pasca rehabilitasi. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif sehingga menyajikan data yang akurat dan digambarkan secara jelas seperti kondisi yang sebenarnya. Teknik pengambilansanpel yang digunakan yaitu purposive sampling melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pengumpulan data responden. Adapun hasil penelitian terkait judul pandangan masyarakat Gampong Tuha Peudaya terhadap korban penyalahgunaan Napza yaitu terdapat dua pandangan yakni pertama pandangan masyarakat menganggap korban setelah direhabilitasi sudah kembali normal keberfungsian sosial nya dan ke-dua pandangan masyarakat yang belum dapat menerima korban penyalahgunaan Napza sehingga masihh memberikan label negatif terhadap korban. Adapun interaksi sosial masyarakat terhadap korban penyalahgunaan Napza juga terdapat dua hasil kesimpulan pertama masyarakat dapat menerima korban dengan berinteraksi seperti masyarakat lainnya, ke-dua masyarakat belum dapat menerima korban dengan menganganggap korban orang jahat dan salah pergaulan. Peneliti berharap kepada pemerintah gampong sekiranya dapat membuat suatu kebijakan program kepemudaan Gampong yang berkaitan dengan pencegahan dalam penyebaran penyalahgunaan NAPZA di Gampong Tuha Peudaya, Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Gebrina Riski
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:01
Last Modified: 27 Jan 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item
View Item