Peran Home Industry Keripik Pisang Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi di Gampong Kuta Meuligoe Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen)

Ulfi Sahara, 150404014 (2020) Peran Home Industry Keripik Pisang Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi di Gampong Kuta Meuligoe Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Home  Industry Keripik Pisang Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi di Gampong Kuta Meuligoe Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen)]
Preview
Text (Peran Home Industry Keripik Pisang Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi di Gampong Kuta Meuligoe Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen))
Ulfi Sahara, 150404014, FDK, PMI, 082363336597.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Home Industry Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Studi Di Gampong Kuta Meuligoe Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran home industry keripik pisang dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan juga untuk mengetahui apa motivasi keluaga memilih usaha home industry. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti lebih dahulu mengobservasi kegiatan keluarga yang home industry keripik pisang yang ada di gampong kuta meuligoe dan kemudian peneliti melakukan wawancara dengan pak geuchik,dan keluarga yang memiliki home industry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran home industry membantu perekonomian keluarga, mengurangi jumlah pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan Home Industry sangat berperan didalam keluarga dikarenakan, Home Industry memiliki kemampuan untuk memanfaatkan bahan baku lokal, oleh karenya dapat menumbuhkan usaha yang terdapat didaerah tersebut sehingga mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat yang berada disekitar Home Industry. Adapun motivasi keluarga memilih Home Industry ini dikarenakan ada faktor kepribadian yang berbeda salah satunya mereka tidak berkenan untuk berkerja di tempat orang lain dan mereka tidak suka dijadikan pesuruh, keripik pisang juga mudah diolah dan mudah didapatkan dari hasil kebun yang ada di sekitar gampong, dan mudah dipasarkan. Banyaknya peminat keripik pisang juga dapat menghasilkan untung yang begitu besar bagi pemilik Home Industry dan memiliki peran yang sangat penting salah satunya memiliki potensi yang besar dalam menyerap tenaga kerja tentu ini menjadi kesempatan yang besar bagi pengangguran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Home Industry, Ekonomi Keluarga
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ulfi Sahara
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:09
Last Modified: 27 Jan 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19577

Actions (login required)

View Item
View Item