Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Social Loafing Dalam Tugas Kelompok Pada Siswa SMAN 15 Medan

Rizki Prahmana, 170901017 (2021) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Social Loafing Dalam Tugas Kelompok Pada Siswa SMAN 15 Medan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Social Loafing]
Preview
Text (Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Social Loafing)
Rizki Prahmana, 170901017, FPSI, PSI, 085765662269.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Siswa dituntut untuk dapat menyelesaikan tugas sekolah seperti tugas kelompok. Akan tetapi, kenyataannya tugas kelompok sering dimanfaatkan oleh beberapa siswa untuk menumpang nilai. Fenomena ini dapat menurunkan produktivitas kelompok. Hal ini biasa disebut social loafing. Social loafing merupakan suatu kondisi dimana individu akan mengurangi usaha atau motivasi nya ketika bekerja di dalam kelompok dari pada bekerja secara individu. Salah satu yang mempengaruhi social loafing adalah kepercayaan diri, saat individu memiliki kepercayaan diri yang tinggi maka cenderung mengurangi perilaku social loafing dalam kelompoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan social loafing dalam tugas kelompok pada siswa SMAN 15 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu menggunakan Skala Kepercayaan Diri yang dibuat oleh peneliti berdasarkan turunan dari aspek kepercayaan diri dan Skala Social Loafing di adaptasi dari Agung yang didasarkan pada aspek social loafing dari teori George. Jumlah populasi dari penelitian ini sebanyak 1072 orang. Kemudian sampel dalam penelitian ini berjumlah 325 orang. Pengambilan sampel ini menggunakan Probability Sampling dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan koefisien korelasi (r) sebesar -0,407 dengan p = 0,00 yang menandakan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan social loafing dalam tugas kelompok pada siswa SMAN 15 Medan. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah social loafing, sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri maka semakin tinggi social loafing dalam tugas kelompok pada siswa SMAN 15 Medan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Rizki Prahmana Rizki
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:09
Last Modified: 27 Jan 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19578

Actions (login required)

View Item
View Item