Efektivitas Pelaksanaan Pendampingan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat (Studi Di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil)

Makhfirah, 170802051 (2021) Efektivitas Pelaksanaan Pendampingan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat (Studi Di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Pelaksanaan Pendampingan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat (Studi Di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil)]
Preview
Text (Efektivitas Pelaksanaan Pendampingan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat (Studi Di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil))
Makhfirah, 170802051, FISIP, IAN, 082249286590.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Indonesia telah melaksanakan Program Keluarga Harapan sejak tahun 2007, dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Pendamping PKH merupakan salah satu penentu pencapaian keberhasilan pada program yang dilakukan secara intensif serta berkelanjutan. Pendamping tidak sepenuhnya dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada antar KPM PKH maupun antar pendamping dengan KPM PKH.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendampingan terhadap KPM PKH dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Desa Kilangan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat efektivitas pelaksanaan pendampingan KPM PKH Desa Kilangan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pendamping dalam pelaksanaan PKH di Desa Kilangan sudah efektif.Dikatakan demikian karena masyarakat sebagai penerima bantuan PKH merasa terbantu dengan adanya pendampingan yang dilakukan, guna untuk mempermudah para penerima bantuan PKH menjalankan setiap kewajibannya. Adapun faktor pendukung efektivitaspelaksanaan pendampingan yaitu pendamping memiliki keterampilan yang baik dalam hal berkomunikasi dengan masyarakat sebagai penerima bantuan PKH, sehingga memudahkan pendamping dalam memberikan pemahaman serta menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat selama proses pelaksanaan Program Keluarga Harapan dilaksanakan. Sedangkan faktor penghambat efektivitas pelaksanaan pendampingan adalah pendamping PKH kesulitan untuk membagi waktunya pada setiap pelaksanaan kegiatan sosialisasi program yang dilaksanakan, serta pendamping PKH tidak diberikan fasilitas untuk menunjang pelaksanaan pendampingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan, Pendamping PKH, KPM.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.6 Kegiatan pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Makhfirah Makhfirah
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:13
Last Modified: 27 Jan 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19579

Actions (login required)

View Item
View Item