Persepsi Mahasiswa Terhadap Kegiatan Perkuliahan Berbasis Online Dan Offline Pada Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry

Andri Gunawan, 170207059 (2022) Persepsi Mahasiswa Terhadap Kegiatan Perkuliahan Berbasis Online Dan Offline Pada Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Persepsi Mahasiswa Terhadap Kegiatan Perkuliahan Berbasis Online Dan Offline Pada Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry]
Preview
Text (Persepsi Mahasiswa Terhadap Kegiatan Perkuliahan Berbasis Online Dan Offline Pada Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry)
Andri Gunawan, 170207059, FTK, PBL, 081265129879.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi dianjurkan untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara online dimasa pandemi covid-19. Namun pembelajaran yang dilakukan tidak sepenuhnya berbasis online, ada juga pembelajaran berbasis offline pada saat adanya pandemi. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kegiatan perkuliahan berbasis online dan offline pada Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-raniry, Kendala yang dihadapi mahasiswa selama proses pembelajaran online dan offfline Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Biologi angkatan 2020, sedangkan sampel yang digunakan 25 orang mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket untuk mengetahui persepsi dan kendala perkuliahan online dan offline yang dihadapi mahasiswa. Analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, Persentase rata-rata persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan online sebesar 85,2% dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa tingginya kendala mahasiswa terhadap perkuliahan online pada indikator Ketuntasan Belajar, Mahasiswa kurang memahami materi perkuliahan, tidak menyukai mengerjakan tugas secara mandiri, dan kurangnya motivasi dan semangat belajar pada saat pembelajaran Online. Persentase rata-rata persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan offline sebesar 71,1% dengan kategori tinggi. Berbanding terbalik dengan perkuliahan online, perkuliahan offline lebih sedikit mengalami kendala seperti pada indikator ketuntasan belajar, mahasiswa mudah dalam memahami materi perkuliahan pada saat pembelajaran Offline dari pada perkuliahan Online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran Online-Offline, Pandemi Covid-19
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Andri Gunawan Andri
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:20
Last Modified: 27 Jan 2022 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19582

Actions (login required)

View Item
View Item