Perancangan Modul Digital Animasi 2D Menggunakan Metode Pembelajaran Vidio Based Learning Untuk Mengasah Pola Pikir Dan Kreativitas Siswa Di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar

Darmita, 150212079 (2021) Perancangan Modul Digital Animasi 2D Menggunakan Metode Pembelajaran Vidio Based Learning Untuk Mengasah Pola Pikir Dan Kreativitas Siswa Di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perancangan Modul Digital Animasi 2D Menggunakan Metode Pembelajaran Vidio Based Learning Untuk Mengasah Pola Pikir Dan Kreativitas Siswa Di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar]
Preview
Text (Perancangan Modul Digital Animasi 2D Menggunakan Metode Pembelajaran Vidio Based Learning Untuk Mengasah Pola Pikir Dan Kreativitas Siswa Di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar)
Darmita, 150212079, FTK, PTI, 081362797794.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk merancang modul digital animasi 2D menggunakan metode pembelajaran vidio based learning layak digunakan untuk mengasah pola pikir dan kreativitas siswa di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Metode Penelitian yang digunakan berupa Research and Devolopment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perancangan modul digital animasi 2D menggunakan metode pembelajaran video based learning setelah melakukan uji pakar ahli media diperoleh 96,5% termasuk kriteria sangat valid. Kemudian hasil uji pakar ahli materi diperoleh 98,1% temasuk kriteria sangat valid, sehingga layak digunakan. Perancangan modul digital animasi 2D menggunakan metode pembelajaran video based learning dapat mengasah pola pikir siswa yang dilihat dari segi berpikir kritis pada uji coba sampel besar diperoleh 77,5% termasuk kriteria kritis, sampel besar 85,4% termasuk kriteria sangat kritis. Perancangan modul digital animasi 2D menggunakan metode pembelajaran video based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hasil analisis kreativitas siswa yang diamati melalui observasi terdapat peningakatan perindikatornya. Hasil yang diperoleh pada indikator kefasihan (fluency) sebesar 100%, fleksibiltas (flexibility) sebesar 75%, dan kebaruan (nevelty) sebesar 100%, sehingga ketiga indikator tersebut termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Andika Prajana, M.Kom Pembimbing II : Basrul, MS
Uncontrolled Keywords: Modul Digital Animasi 2D, Metode Pembelajaran Vidio Based Learning, Mengasah Pola Pikir, dan Kreativitas Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Darmita Darmita
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:48
Last Modified: 28 Jan 2022 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item
View Item