Kompetensi Profesional Guru Fiqih dalam Pemanfaatan Media Audio Visual di MTsN 3 Aceh Barat

Ulva Mulia, 160201168 (2021) Kompetensi Profesional Guru Fiqih dalam Pemanfaatan Media Audio Visual di MTsN 3 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kompetensi    Profesional    Guru    Fiqih    dalam Pemanfaatan  Media  Audio  Visual  di  MTsN  3 Aceh Barat]
Preview
Text (Kompetensi Profesional Guru Fiqih dalam Pemanfaatan Media Audio Visual di MTsN 3 Aceh Barat)
Ulva Mulia, 160201168, FTK, PAI, 081261327010.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik, diantaranya dalam hal pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti ingin melihat kompetensi profesional yang dimiliki guru Fiqih di MTsN 3 Aceh Barat dalam penggunaan media audio visual pada proses pembelajaran. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesiapan guru fiqih dalam memanfaatkan media audio visual? Apa kendala guru fiqih dalam memanfaatkan media audio visual? bagaimana strategi guru fiqih dalam memanfaatkan media audio visual? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru fiqih sudah memiliki kesiapan yang memadai dalam menyiapkan proses pembelajaran menggunakan media audio visual, hal ini dibuktikan dari hasil observasi terhadap 2 orang guru fiqih yang memperoleh nilai 95,5% dan 91%. Dengan demikian guru fiih di MTsN 3 Aceh Barat sudah memiliki kompetensi professional yang baik dalam pemanfaatan media audio visual. Walaupun demikian ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru fiqih di sekolah tersebut diantaranya kondisi laptop yang macet, keterbatasan waktu, dan kurangnya invocus dalam kelas. Sementara strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam memanfaatkan media audio visual adalah menyesuaikan materi pembelajaran dengan kondisi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Suyanta, M.Ag., Pembimbing II : Imran, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru Fiqih, Media Audio Visual.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulva Mulia Ulfa
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:48
Last Modified: 28 Jan 2022 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19596

Actions (login required)

View Item
View Item